Organisasi Islam di Eropa

Uncategorized

Perkembangan Islam di Eropa tentu tidak akan luput dari peran organisasi Islam di Eropa. Di Belanda misalnya. Banyak organisasi telah muncul dan berkembang, bahkan di kalangan remaja. Namun, sebagian besar organisasi berkembang adalah organisasi imigran Turki. Beberapa organisasi ini meliputi:

Turki – Islamtische Culturele Federatie. Didirikan pada tahun 1979. Organisasi ini juga bekerja sama dengan Diyanet untuk membawa para imam masjid ke Belanda.

Organisasi Muslim di Maroko seperti Amicale des Ouvries et Commercants, organisasi di Belanda dan Unlim van Marokkaanese Moslim.

Organisasi Muslim Suriname seperti Stichting Weljizn Voor Moslims di Belanda, Moslim Informatie Centrum Belanda dan Islamitische Omroepsichting.

World Islamic Mission Nederland, didirikan pada 1975

CMO (Muslim Contactorgaan en de Overheid), diresmikan pada tahun 2004.

CGI (Contac Groep Islam), diakui pada tahun 2005.

  • Situs sejarah Islam di Eropa

Eropa tidak hanya penuh dengan kemajuan ilmiah dan teknologi atau gedung pencakar langit. Penampilan Eropa yang demikian tidak terlepas dari peran peradaban yang berkembang berabad-abad yang lalu. Masih ada peninggalan atau situs bersejarah peradaban ini, khususnya situs keagamaan.

Keberadaan situs-situs keagamaan menunjukkan bahwa di masa lalu, agama memiliki peran dan kontribusi besar dalam membentuk kepribadian masyarakat.

Peradaban Islam, misalnya. Negara Islam Andalusia mengubah negara Eropa dari kehidupan yang terisolasi dan terbelakang. Meskipun pada akhirnya, Daula Islam di Andalusia juga runtuh dan harus meninggalkan kemurtadan atau meninggalkan Andalusia.

Tempat-tempat sejarah Islam di Eropa, setidaknya, ditemukan di empat negara, termasuk:

1. Spanyol

Sepotong sejarah peradaban Islam di Spanyol (sebelumnya Andalusia) dapat dengan mudah ditemukan di sini.

Terutama di Cordoba, Seville dan Granada. Masjid Cordoba dan Mezquita adalah salah satu peninggalannya yang terkenal. Ada juga menara Giralda, Torre del Oro, istana Aljaferia, Alcazaba of Malaga (Al-Qasbah) dan medina Azahara.

2. Perancis

Perancis telah menjadi salah satu tujuan bagi para imigran dari Maroko, Libya, Aljazair dan banyak lainnya. Peninggalan bersejarah yang terkenal, termasuk La Grande Mosquée de Paris.

3. Yunani

Yunani juga terkenal dengan mitologinya, ada juga situs peradaban Islam, seperti museum Benaki, mueum Tzisakaris, Parthenon, dan masjid Fatih Sultan.

4. Bosnia dan Herzegovina

Situs bersejarah Islam di negara multiagama ini adalah jembatan Stari Most dari dinasti Ottoman Turki.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*