6 Jenis Durian Dan Manfaatnya

Uncategorized
gambar durian

Durian merupakan raja dari segala buah karena tanaman ini serba guna, batangnya bisa jadi bahan bangunan dan kayu bakar serta buahnya memiliki nilai ekonomis yang lumayan tinggi. Durian memiliki aroma harum yang khas serta rasanya yang enak dan lezat. Buah durian memiliki warna daging yang bermacam-macam tergantung dari jenis duriannya. Ada yang berwarna putih, kuning muda, krem dan beberapa warna lainnya.

Buah durian memiliki jumlah varietas yang banyak, namun yang paling terkenal dan banyak dicari konsumen  serta paling banyak dibudidayakan diantaranya durian sukun, petruk, sitokong, simas, sunan, otong, kani atau durian monthong, sidodol, si japang, si hijau dan masih banyak lagi.

Jenis jenis durian

1.  Durian sukun (Jawa Tengah)

Jenis durian sukun berasal dari Gempolan, karanganyar. Bentuk buahnya bulat panjang dan warna pada kulitnya kekuningan, durinya membentuk kerucut kecil dan rapat. Jenis durian memiliki daging buah cukup tebal, kering, berlemak, dan memiliki tekstur yang halus. Warnanya putih kekuningan. Rasa daging buah ini manis. Menurut peneliti, jenis varietas ini lebih baik daripada durian varietas pendatang.

2.  Durian Petruk (Jawa Tengah)

Durian ini berasal dari desa randusari, Jepara. Durian petruk ini merupakan varietas durian lokal yang sangat terkenal. Bagian daging buah durian petruk ini memang tidak tergolong tebal serta agak lembek, namun jenis durian ini cukup diminati karena memiliki rasa yang manis. Buah durian petruk ini memiliki aroma yang tidak terlalu tajam serta memiliki kualitas buah yang sama dengan buah luar negeri. Kelebihan durian petruk ini yaitu tahan terhadap penyakit busuk akar dan hama penggerek buah.

3.  Sitokong (Betawi)

Buah durian yang satu ini berasal dari Ragunan Pasar Minggu. Durian sitokong memiliki bentuk bulat panjang serta memiliki warna kekuningan. Daging buah durian sitokong ini tebal dan manis. Buah ini cukup banyak digemari. Sama seperti buah durian unggul asli Indonesia lainnya, durian sitokong juga tahan terhadap busuk akar dan penggerek buah.

4.  Simas (Bogor)

Varietas durian simas berasal dari Rancamaya Bogor. Buahnya berbentuk lonjong dengan pangkal meruncing. Warna daging buahnya kuning cerah, tebal serta memiliki rasa yang manis dan memiliki aroma yang tidak terlalu tajam. Bila disentuh buah ini akan kering. Varietas ini juga tahan terhadap penyakit busuk akar dan hama penggerek buah.

5.  Sunan (Jepara)

Buah durian ini berasal dari desa Gendol, Boyolali. Buah durian sunan memiliki Kualitas yang lebih baik dari varietas otong dan kani. Durian sunan memiliki bentuk bulat telur, warna kulit kecoklatan dan pada bagian durinya berbentuk kerucut kecil yang jarang. Durian sunan ini memiliki daging buah yang tebal, kering, berlemak dengan tekstur halus Varietas buah durian ini memiliki daging yang tebal, kering serta berlemak dengan tekstur yang halus. Rasa buah ini sangat manis dan biji buah dari varietas durian ini terbilang kecil. Jenis durian ini juga tahan terhadap penyakit busuk akar dan hama penggerek buah.

6.  Kani/Monthong (Thailand)

Varietas monthong atau versi lokalnya disebut durian kani sudah banyak dibudidayakan orang. Varian aslinya berasal dari negeri Thailand lebih genjah dari pada durian unggul asli indonesia. Akan tetapi, jenis durian ini tidak terlalu tahan terhadap penyakit busuk akar dan serangan hama penggerek buah.

Manfaat Buah Durian 

Khusus bagi pengidap tekanan darah tinggi dan wanita hamil, mengkonsumsi buah akan menimbulkan beberapa efek samping seperti mual, pusing, sakit kepala dll.  dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi buah durian.

Adapun manfaat mengkonsumsi buah durian selain  dari yang dijelaskan diatas diantaranya sebagai berikut:

1.  Dapat mencegah dampak dari extrinsic aging (faktor penuaan dari luar).

2.  Meningkatkan tekanan darah (zat besi) buah dan akarnya berkhasiat untuk mengatasi bengkak, penyakit kulit serta penyakit kuning.

3.  Dapat digunakan sebagai obat pengusir nyamuk.

4.  Mengobati ruam pada kulit (sakit kurap) dan susah buang air besar (sembelit).

5.  Kulit buah ini juga dapat dibakar dan abunya dapat digunakan sebagai ramuan untuk melancarkan haid.

6.  Kulit buah juga dapat dipakai sebagai bahan abu gosok yang bagus, dengan cara dijemur hingga kering dan dibakar hingga hancur.

7.  Air seduhan daun durian di malaysia digunakan sebagai antipiretik (pereda demam).

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*